Langsung ke konten utama

PENGALAMAN JADI 'KANG PULSA' SEMASA 'SMA'

Assalamualaikum teman-temannn!!

Apa kabar hari ini? Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan perlindungan Allah SWT ya.. Aamiin

Sekarang juga lagi musimnya corona, himbauan pemerintah untuk stay at home masih berlaku hingga saat ini. Sebagian daerah masih ada yang memberlakukan PSBB. Pilihan untuk tetap dirumah dan hanya keluar rumah saat kondisi urgent adalah pilihan yang sangat tepat untuk memperkecil resiko terpaparnya kita sama virus yang lagi hits ini.

Daripada gabut ngga jelas, *walaupun sebenernya seharusnya ngga gabut ya, kerjaan masih banyak tapi kadang bosen ngerjainnya ~* marilah kita berbagi cerita dan pengalaman. Check it out!!

 -----------------------------------------------------------

Mungkin sebagian temanku jaman SMA tau ya kalau dulu aku pernah jualan pulsa. Rasanya gimana sih jadi tukang pulsa pas jaman sekolah? Haha seru banget sih. Pengalaman yang paling ngga bisa dilupain.

Berawal dari ‘turunan’ alias kegiatan kakak-kakakku yang juga pernah jual pulsa, akhirnya aku direkomendasikan juga untuk jualan pulsa. Ya, pendapatan emang ngga seberapa tapi lumayan buat nambah-nambah buat jajan seblak.

Aku mulai jual pulsa waktu masih kelas 10. Iya, pas baru banget jadi siswa putih abu. Tapi kayanya ngga baru banget sih, mungkin pertengahan semester kali yak. Pas waktu itu masih jamannya pake hape Nokia E-63 (ini hape turun temurun sih. Awet parahh.. sampe kebanting-banting aja masih hidup. Ntah nyawanya ada berapa ni hp wkkw).

Dulu orang-orang masih ‘bergantung’ dengan pulsa dan masih jaman sms-an. Tidak seperti sekarang, sebagian besar sudah berganti haluan ke kuota internet. Mungkin udah jarang kali ya yang suka beli pulsa? Atau mungkin pulsanya buat dipake beli kuota atau buat telponan. Untuk mengirim pesan, kebanyakan sudah beralih ke media chatting berbasis internet.

Jadi, kita yang istilahnya ‘reseller’ ini namanya downline. Kita ada di bawah master dealernya suatu server (ntah ini bener atau ngga sebutannya. Intinya ngunu lah yo wkw). Masing-masing dari kita itu harus punya saldo buat kita isi ke costumer kita. Kalo saldonya abis? Tentu. Kita harus ngisi ulang lagi.

Aku ngisi ulang saldo itu tidak jauh dan tidak dekat dari rumah. Ngga harus pake kendaraan sih, tapi disarankan untuk pake kendaraan aja kalo gamau kakinya gempor =) hmm.. tapi, mungkin lebih utamanya kalo mager kali ya? Haha minimal ngangkot lah.

Karena jarak yang sebegitu, dan pada saat itu juga aku belum bisa mengendarai motor. Aku selalu minta anter sama siapapun yang ada dirumah dan bisa motor untuk nganterin aku pergi ngisi saldo. Kadang juga suka nitip sih. Ya tergantung sitkon lah. Tapi kayanya kebanyakan aku selalu kesana jadi aku selalu minta tolong anterin. Sampai suatu ketika ….

Ngga ada yang bisa anterin. Tapi aku harus pergi…….

Kemudian nasihat datang padaku

“belajarlah motor, biar kalau mau kemana-mana ngga minta anter. Jangan tergantung sama orang lain. Kalau orang lainnya ga ada, kamu bakal diem aja?”

*btw, ini situasi dalam keadaan tidak bisa naik angkot karena sudah sore. Plus. Males juga naik angkot ngeeeehheheheh muternya sejauh mata memandang ~

Dari situlah aku mulai belajar motor juga.


Sebenernya dulu pernah bisa. Jaman tingkat akhir SD atau awal-awal SMP kurang lebih. Haha kocak sih. Motor-motoran di sekitar rumah, inget banget itu pake motor supranya temen. Aku berdua boncengan dan gantian sama temen karena ngerasa seru banget bisa motor. Sampe akhirnya ketawan dan dimarahin haha (tidak boleh dicontoh ya rek. Belum cukup umur kalo harus pake motor diusia segitu)~


Nah, karena dulu udah pernah bisa motor tapi udah lama ga make. Jadi pas mau make lagi tu udah lupa lagi gimana caranya. Tapi masih ada sisa-sisa kenangan menggunakan motor supra itu dan dalam diri hanya berkata ‘jadi mesin, jadi mesin, jadi mesin’. Dan alhamdulillah. Ternyata masih bisa!!. Mantra skuitwet memang tidak salah. Tapi….. dijalannya ndet ndetan gitu loh. Ngerti gak si? Wkw karena ngga bisa ngontrol gasnya itu jadi kek motor mau keabisan bensin XD.

-------------cukup ya cerita itu. Mari kita lanjutkan menjadi kang pulsa-------------

Intinya, hikmah yang bisa diambil adalah… kita jangan ketergantungan sama orang lain. Menjadi pribadi yang mandiri akan lebih menguntungkan ketimbang menggantungkan hidup sama orang. Dan sebaik-baik tempat bergantung (penolong) Hanya Alloh SWT semata =) 

(Mohon maaf ini jadi beda bahasa. mari kita lanjutkan kembali cerita diatas) 

 

Jualan pulsa awalnya masih sebatas ke temen sekelas, tapi dari temen kelas ke temen lainnya, dari mulut ke mulut lainnya akhirnya alhamdulillah sudah ada yang diluar kelas juga yang tau kalo aku jual pulsa. Jadi cakupannya makin besar dan saldo yang kubutuhkan makin banyak karena makin banyak yang butuh. 

Orang biasanya beli pulsa itu nge-sms atau kadang nge-wa (udah jaman WA juga loo, tapi lebih sering yang nge-sms siihh….  

(misal panggil saja si mawar yang beli terus ng-sms pake nomer lain)

"Qur, pulsa 5rb ya ke nomer aku. Makasih"

*mawar

Kemudian aku isilah pulsa itu ke nomernya.

Hmmm.. aku jadi mikir, kalo dulu ada yang tipu-tipu mama minta pulsa gimana ya? Kalo orang sms minta isiin pulsa terus aku langsung isiin?

Tapi alhamdulillah, dulu gada (gakena) tipu-tipu mama minta pulsa. Karena biasanya mereka sms pake nomernya mereka untuk isi pulsa ke nomer lain, atau sms dari nomer lain ke nomernya mereka yang tentunya sudah di save dalam kontak ponselku. Kejadian-kejadian diluar itu yang bisa saja mungkin terjadi alhamdulillahnya tidak terjadi. Lagian, ngisi pulsanya itu ya masih masuk akal. Biasanya 5rb atau 10rban. Yang beli 50rb keatas jarang dan yang beli segituan juga insyaallah sudah bisa dipastikan kepercayaanya.

Ada ngga sih yang beli kurang dari itu? Jangan salah.. ada!! Berapa? 1K, 2K. bingung ya? Tapi bener loh itu ada. Dan yaa bisa dibilang lumayan banyak juga yang suka ngisi segitu. Mungkin kalo dibandingin sama sekarang pulsa segitu cukup apa ya. Nelpon ke selain operator aja mungkin baru ngomong salam udah mati ~.


PENCATATAN

Ini sangat amat penting sih kalau kita mau bisnis atau dagang apapun itu. Karena kita bisa ngeliat keluar masuknya barang. Uang di saku dan uang diluar ada berapa, apa udah sesuai sama perhitungan atau belum dll. Apalagi kalo dagang pulsa via sms. Kita ngga selalu ingetkan siapa aja yang beli kemudian berapa jumlahnya plus kalo belinya berkali-kali. Bisa sih kita liat di history hp. Tapi itu akan sangat menyulitkan dan membuang waktu untuk sekedar cari-cari siapa yang beli berapa banyak dan lain sebagainya. Mangkannya aku juga dulu pake buku tulis terus aku catet tiap ada yang beli, terus keterangan juga apakah dia sudah membayar atau belum. Jadi udah macem ibu-ibu koperasi nyatetin uang ibu-ibu.


CARA NAGIH

Aku termasuk kang pulsa yang santai. Selagi ada uang dan bisa bayar, monggo, kalau lagi ngga ada ya ndak papa bisa ditunda. Tapi, namanya juga penjual pasti harus usaha untuk mengembalikan modalnya. Nah untuk itu, caraku adalah dengan memberikan pesan cinta kepada para pelanggan. Setiap pagi, aku sms-in

“Hallo, selamat pagi teman-teman. Jangan lupa ya kalau ada yang masih ada tanggungan. Terimakasih

Mungkin bunyinya seperti itu ya kurang lebih. Tepatnya ane bener bener lupa.

Yang pasti ngga kaya gini ya “lu bayar kapan woy!” hahaha ngga gitu ngga gitu.

Intinya santai aja. Ada ya monggo dibayar, ngga maksain.

Kemudian ya berdatangan sendiri yang mau bayar. Tapi, lucunya….

Pernah. Suatu ketika aku mau jalan ke kantin. Terus si .. (panggil saja dia cinta) si Cinta ini belum bayar. Aku ya biasa aja, jalan, tersenyum sambil melihat kanan dan kiri indahnya bangunan sekolah sambil berbincang dengan kawan. Tapi lucunya, dia sampe gamau liat aku. Pas tiba-tiba berpapasan dijalan. Dia langsung gurung gusuh ngumpet di belakang tangga XD. Padahal sama aku juga ngga akan ditagih dan ngga akan di makan juga shi. Aku jadi merasa preman yang mintain duit kalo kaya gitu wkwkkw..


KEUNTUNGAN

Untung dari jual pulsa emang ngga terlalu banyak. Sewajarnya. Tapi, semakin lama semakin banyak juga (kalo dikumpulin). Aku juga dulu ngga tiap aku dapet untung kemudian aku jajanin. Tapi aku puterin lagi jadi saldo. Jadi kadang ngerasa ‘ni dagang ko ga ada untungnya ya XD’. Tapi ya ngga gitu juga sih, kadang kalau lagi kepepet ya aku pake. Tapi ngga banyak. Sampe akhirnya dipenghujung karirku sebagai kang pulsa. Dapetlah aku untung untuk membeli sebuah telepon genggam yang aku beli pertama kali dengan uangku sendiri. Redmi keluaran pertama. Xiaomi 1S. Ga mahal banget, tapi alhamdulillah juga bisa kebeli dan bisa beralih dari hp qwerty ke hp layar sentuh *hiyahiya wkw                                                  

                                                    (Somay 1S) 

                                                            
                                                    (Nukieu E-63) 


Mungkin segitu aja ceritaku pada masa-masa saya menjadi kang pulsa. Seru. Ngga bisa dilupain. Jadi lebih mewarnai hidup aja gitu karena hp ga sepi-sepi amat. Walaupun yang ngesemes juga Cuma mau bilang tolong isiin pulsa aja XD.

 

Sekian.

Wassalam ~


Oiya, buat teman-temanku yang pernah beli pulsa di saya. Mohon maaf apabila ada salah-salah selama pelayanan ya wkkww

Daaaaahhhh ~~~~

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DARI LAGU ‘Saat Kau Telah Mengerti’

  DARI LAGU ‘Saat Kau Telah Mengerti’  Beberapa waktu kebelakangan ini, ada lagu yang lagi booming banget, ntah karena apa intinya aku sering denger lagu ini, sampe akhirnya pas didenger. Enak juga nih lagu. Lagu yang aku sering dengar dan ngga kelewat untuk dimasukin music playlist.  Selain musiknya yang enak didengar, liriknya pun cukup ‘mengandung bawang’. Bikin nangis karena inget perjuangan orang tua yang begitu besar untuk mendidik anaknya, yang ngajarin anak gimana seharusnya anak punya ‘mental baja’ untuk menjalankan kehidupan didunia ini. “Saat kau telah mengerti – Virgoun” Dari sekian banyak lirik indah yang ada, ada lirik yang aku menarik dan buat aku kepikiran saat mendengarnya. Cukup unik untuk dibahasakan dan menurutku memang benar begitu adanya. “Aku adalah jemari dan Ibumu penanya, Engkaulah puisi terindah yang pernah tercipta” Sekilas aku seperti mengartikan suatu hal yang besar dari kalimat itu. Yang cukup berpengaruh untuk kehidupan, utamanya dalam kehidu

KISAH TAUBAT MALIK BIN DINAR

Assalamualaikum. Wr. Wb             Insyaa Allah di postingan kali ini aku pengen share tentang suatu kisah. Dimana kisah ini menggambarkan seorang pendosa berat yang sampai akhirnya ia bertaubat.  MALIK BIN DINAR adalah seorang pendosa yang dimana semua jenis kejahatan (read: perbuatan dosa. Seperti : Riba, Membunuh, Meminum Khamr, dll) sudah menjadi makanan keseharian beliau. Tak pernah ia melewati hari-hari itu kecuali dosanya pasti bertambah karena perbuatannya Sampai suatu ketika, yang namanya seorang manusia sudah fitrahnya membutuhkan pasangan. Akhirnya beliau berdoa meminta istri. Sampai pada akhirnya Allah berikan ia istri Lalu, beberapa waktu setelah itu beliau mempunyai anak yang ia beri nama ‘Fatimah’. Fatimah adalah seorang wanita yang sangat solehah. Sampai-sampai karenanya, Malik bin Dinar sadar atas kesalahan yang selama ini ia perbuat. Dan akhirnya ia bertaubat, sedikit demi sedikit mengurangi kejahatannya itu. semakin tumbuh besar Fatimah, semakin bes